Penyebab Diare pada Anak hingga Obat Diare Alami yang Aman!


March 26, 2020

Saat mengalami diare, tentunya akan membuat tubuh kita lemas terkulai. Hingga tak jarang ditemukan banyak kasus dehidrasi saat terjadinya diare. Hal ini juga berlaku pada anak-anak, bayi, dan balita. Mereka juga merasakan hal yang sama dengan para orang dewasa, sehingga butuh pula obat diare yang aman dikonsumsi.

Selain wajib mengetahui apa saja obat diare anak yang aman untuk dikonsumsi, kita sebagai orangtua juga harus mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab, gejala, dan apa saja yang harus dilakukan saat si kecil sakit.

obat diare

Penyebab Diare pada Anak hingga Obat Diare Alami yang Aman!

Beberapa penyebab terjadinya diare yang mungkin saja terjadi pada anak-anak. Termasuk faktor-faktor, di antaranya:

  • Keracunan makanan

Hal yang sering dan umumnya terjadi pada anak-anak yang mengalami diare adalah keracunan makanan. Keadaan  buang-buang air ini juga bisa dibarengi dengan muntah-muntah secara beriringan.

Bisa saja hal ini terjadi karena makanan atau minuman yang dikonsumsi terkontaminasi oleh mikroba.

Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kurang matang, terkontaminasi virus, atau mudahnya anak makan dalam kondisi belum mencuci tangan sehabis bermain-main kotoran.

Jika sudah seperti itu, mom atau daddy sebaiknya langsung gerak cepat untuk memberikannya obat diare anak, ataupun tidak panik saat merawatnya.

  • Karena minum obat tertentu

Terjadinya diare pada anak tidak hanya karena makanan yang terkontaminasi saja, tapi bisa terjadi karena efek samping dari obat-obatan tertentu yang dikonsumsinya,

obat diare

Misalnya saja ketika menggunakan antibiotik yang tidak disertai resep dokter, atau penggunaan antibiotik yang kurang cocok, sehingga menyebabkan diare yang ikut membunuh koloni bakteri baik pada usus.

Jika kejadiannya seperti itu, segera hubungi dokter, agar dokter dapat menggantinya sesuai dosis.

  • Kurang menjaga kebersihan badan anak

Perlunya mengajarkan kebersihan sejak dini tentunya tidak salah kok, Moms. Karena memang anak kecil cenderung lebih rentan mengalami diare disebabkan mereka belum cukup terlatih untuk menjaga kebersihan tubuhnya sendiri.

Baca Juga :  Rekomendasi Dress Yang Bisa Jadi Pilihan Fashion Terbaru Untuk Wanita

Sehingga masih saja terkadang kita lost untuk memperhatikan bagaimana ia yang tiba-tiba makan dengan tangan yang kotor atau hal yang lainnya.

Besar juga kemungkinannya kuman-kuman yang ada masuk lewat tangannya yang kotor. Apalagi ketika sang anak punya kebiasaan untuk mengemut jari, menggigit-gigit kuku, hingga menjilati benda-benda yang kotor.

  • Alergi makanan tertentu

Penanda diare bisa juga disebabkan karena sang anak mengalami masalah atau alergi pada makanan tertentu. Sehingga ketika mengonsumsinya anak Anda akan langsung muntah-muntah hingga buang-buang air dalam frekuensi yang tidak biasanya.

Ada beberapa makanan yang menjadi pemicu atau penyebab alergi, di antaranya : telur, kedelai, kacang-kacangan, gandum, bahkan susu. Atau bisa jadi ia alergi dari makanan yang dikonsumsi oleh ibunya.

  • Adanya kondisi tertentu

Beberapa anak memang terlahir dengan kondisi tertentu, salah satunya dapat menyebabkan diare yang berlebihan.

obat diare

Sebut saja dengan kondisi anak yang memiliki penyakit Celiac, penyakit Crohn, atau Irritable Bowel Syndrom (IBS).

Selain berkonsultasi dengan dokter terbaik, kondisi diare pada anak juga bisa diatasi dengan beberapa obat diare anak alami dan aman.

Penyebab Diare pada Anak hingga Obat Diare Alami yang Aman!

Di antaranya:

  1. Air Jahe

Yap, air jahe juga bisa menghilangkan bakteri atau parasit yang menyebabkan infeksi pada perut. Sehingga air jahe juga bisa dimanfaatkan untuk menghentikan diare.

Caranya mudah, hanya tinggal merebus setangkai jahe kecil dengan secangkir air, bisa ditambahkan madu. Setelah dingin atau agak hangat bisa diberikan pada anak.

  1. Kentang

Ternyata sumber karbohidrat satu ini juga memiliki manfaat sebagai obat diare alami. Ini dikarenakan kentang mengandung pati untuk dapat mengeraskan feses.

  1. Air lemon

Lemon memang memiliki sifat antibakteri yang dapat mengobati diare . Sehingga bisa Anda buatkan jus lemon atau air lemon peras dengan dosis 3 kali sehari, bisa disertakan dengan madu.

  1. Pisang

Kandungan pektin dan potasium yang dimiliki oleh buah pisang dapat juga membantu mengeraskan feses sehingga biasanya pisang dijadikan obat mencret anak secara alami, karena banyak yang menyukainya.

  1. Minuman yoghurt

Bila masa anak-anak dan sudah dikenalkan dengan yoghurt, mungkin bisa Anda bisa berikan ini. Karena sifat probiotik alaminya mampu meredakan gejala diare akibat infeksi dari bakteri.

  1. Teh

Tentu ini adalah obat alami yang paling umum digunakan untuk mengatasi diare. Tidak hanya pada anak saja, tetapi juga orang dewasa. Kandungan asam tanatnya mampu melawan infeksi bakteri.

Baca Juga :  5 SERI SEPATU ADIDAS YANG COCOK UNTUK WANITA

Baik sekian dahulu, semoga si kecil bisa beraktivitas ceria kembali ya, Mom!

Related