Taat Pajak Tidak Ribet: Begini Cara Buat Npwp Online


March 15, 2020

Bagi Anda yang sudah bekerja dan memiliki penghasilan sendiri, mungkin tidak asing dengan istilah NPWP. NPWP sendiri adalah singkatan dari Nomor Pokok Wajib Pajak yang merupakan nomor identifikasi bagi seorang Wajib Pajak. NPWP bersifat individual dan diterbitkan oleh Dirjen Pajak. Sederhananya, NPWP adalah identitas resmi bagi seorang Wajib Pajak. Melalui NPWP, Wajib Pajak dimudahkan dalam urusan administratif pembayaran pajak. NPWP sendiri sebenarnya wajib dimiliki oleh setiap warga negara Indonesia, baik perorangan, perusahaan bahkan juga yayasan. Untuk pembuatan NPWP pun tidak ribet. Saat ini kita bisa buat NPWP online.

Terobosan buat NPWP Online ini telah diluncurkan kurang lebih sejak 5 tahun terakhir. Sebelumnya, wajib pajak hanya bisa membuat melalui kantor pajak. Direktorat Jenderal Pajak mengeluarkan sistem pembuatan NPWP online ini dengan sebutan e-registration (E-REG DJP). Tentunya, dengan sistem daring ini sangat membantu para warga negara Indonesia yang ingin menjalankan kewajibannya membayar pajak namun bertempat tinggal jauh dari KPP (Kantor Pelayanan Pajak). Hal ini juga memfasilitasi bagi wajib pajak yang berdomisili berbeda dengan alamat yang tercantum dalam KTP.

Sebenarnya informasi mengenai pembuatan NPWP secara online ini dapat diakses lewat website resmi yakni www.pajak.go.id. Namun, kali ini agar lebih mantap, kita akan membahas soal syarat dan cara pembuatan NPWP online. Simak artikel ini sampai habis.

Taat Pajak Tidak Ribet: Begini Cara Buat Npwp Online

Persiapkan Dokumen

Ada beberapa dokumen yang harus disiapkan sebelum mendaftar NPWP online. Adapun berkas yang diperlukan adalah sebagai berikut :

Fotokopi Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) atau Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masih berlaku

Masih ada tambahan beberapa berkas jika Anda seorang pekerja lepas atau usaha sendiri, antara lain :

Fotokopi surat izin kegiatan usaha (SIUP) atau surat keterangan tempat kegiatan usaha atau pekerjaan bebas dari pejabat pemerintah daerah (minimal lurah/kepala desa) atau struk tagihan listrik.

Fotokopi surat pernyataan di atas materai dari wajib pajak orang pribadi yang menyatakan bahwa yang bersangkutan benar-benar menjalankan usaha atau pekerjaan bebas (freelancer).

Cara membuat NPWP Online

Berikut panduan cara daftar NPWP secara online.

  1. Akses https://ereg.pajak.go.id/login

Bila belum pernah mendaftar sebelumnya, silakan klik “daftar” di bagian bawah dan isikan alamat email Anda serta masukkan kode Captcha untuk verifikasi. Kemudian, pada email Anda akan dikirim tautan untuk verifiaksi akun dan ikutilah langkahnya. Bila sudah aktif, kembali login di website awal.

  1. Untuk login, masukkan email dan kata sandi Anda serta kode Captcha. Klik “login”. Bila Anda lupa password, klik “Lupa Password” dan akan ada dikirim email untuk pemulihan akun pada alamat email yang Anda daftarkan.
  2. Setelahnya, Anda akan menemui halaman Registrasi Data Wajib Pajak. Isi formulir tersebut sesuai dengan data diri, serta cek ulang dan klik tombol “Daftar”
  3. Pilih untuk mengirim formulir registrasi secara elektronik ke Kantor Pelayanan Pajak tempat Wajib Pajak terdaftar.
  4. Setelahnya, dokumen yang telah diisi dapat diunduh dan Anda perlu mencetak dokumen tersebut.
  5. Tanda-tangani Formulir Registrasi Wajib Pajak dan Surat Keterangan Terdaftar Sementara yang sudah dicetak.
  6. Kirimkan dokumen tersebut beserta dokumen pendukung ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak)  setempat di mana Anda sebagai wajib pajak terdaftar melalui layanan pos. Pilihan lain, Anda bisa mengescan dokumen tersebut dan dikirimkan dalam bentuk softcopy di halaman registrasi tadi.
  7. Periksa status secara berkala dan tunggulah kartu NPWP dikirim ke Anda. Cek status dan tunggu kiriman kartu NPWP Anda.

Related