5 Manfaat Senam Zumba untuk Tubuh


March 26, 2020

Saat ini olahraga senam zumba sudah menjadi tren dan banyak yang melakukannya. Bahkan kegiatan olah tubuh ini sudah menjadi sebuah gaya hidup. Biasanya olahraga senam zumba diiringi dengan musik yang bertempo cepat, seperti hip-hop, samba, salsa, soca, dan mambo. Tidak hanya diiringi dengan musik saja, senam zumba juga menggabungkannya dengan seni bela diri.

Menurut American Journal of Healt Behaviour, senam zumba yang dilakukan 3 kali dalam seminggu dan dilakukan selama empat bulan mampu mengurangi presentase lemak sebanyak 1 persen untuk wanita yang mengidap diabetes dan obesitas. Tapi tidak hanya itu saja manfaatnya, masih ada manfaat lain dari senam zumba yang wajib kamu ketahui.

 Senam Zumba

 

Membangun Ketahanan Tubuh

Kamu ingin memiliki daya tahan tubuh yang kuat? Mulailah melakukan senam zumba.  Hal ini terjadi karena senam zumba dilakukan diiringi musik yang dapat meningkatkan mood. Dengan mood yang baik kamu bisa melakukan senam zumba dengan lebih semangat. Selain itu, kamu perlu ketahui senam zumba mampu meningkatkan daya tahan tubuh karena membantu sistem pernapasan mendapatkan oksigen dan mengirimkannya ke seluruh tubuh.

Membakar Kalori

Memang hampir semua jenis olahraga mampu membakar kalori. Tapi ternyata senam zumba bisa membakar kalori lebih banyak dibandingkan dengan lari pagi. Berdasarkan penelitian, senam zumba mampu membakar kalori sebanyak 400-600 kalori perjam dalam satu kali latihan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membakar kalori dengan maksimal ketika sedang melakukan gerakan tarian beat merengue atau beberapa gerakan jongkong yang dilanjutkan dengan lompatan plyometric.

Koordinasi Tubuh

Manfaat lainnya dari senam zumba adalah mampu melatih koordinasi tubuh kamu. Hal ini terjadi karena senam zumba melakukan gerakan yang menyeluruh dari atas hingga tubuh bagian bawah. Ada dua jenis gerakan yaitu upper body yang mengedepankan tangan bahu dan kepala. Kemudian ada gerakan lower body yang mampu membentuk bagian bokong, pinggul dan juga kaki. Ketika berlatih zumba, fleksibilitas tubuh juga akan dilatih ketika pemanasan, pendinginan, dan saat terian zumba.

Mengencangkan Otot

Jika kamu adalah orang yang jarang berolahraga, bisa dipastikan otot-otot yang ada di tubuh kamu kendur. Maka dari itu, memilih olahraga senam zumba adalah pilihan tepat untuk kamu yang ingin mengencangkan otot. Hal ini terjadi karena gerakan-gerakan pada senam zumba selalu melibatkan kerja otot. Dengan memiliki otot yang kencang bisa membuat penampilan tubuh kamu menjadi lebih menarik, lho!

Manfaat senam zumba

Refreshing

Banyak yang tidak menyadari bahwa olahraga merupakan kegiatan yang dapat membuat kamu kembali segar. Begitu pula dengan senam zumba yang mampu membuat pikitan kamu menjadi lebih segar. Bagaimana itu terjadi? Dengan melakukan senam zumba, otot jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan aliran darah yang lancar, asupan oksigen juga menjadi lebih bersih dan semakin banyak yang mengalir di seluruh tubuh. Selain itu, dengan melakukan zumba bersama teman-teman akan memberikan efek yang lebih semangat.

Bagaimana? Cukup menarik bukan manfaat senam zumba? Jika kamu tertarik untuk melakukan senam zumba, kamu hari mengikuti porsi latihan yang tepat untuk setiap minggunya. Perlu kamu ingat jangan terlalu memaksakan kemampuan tubuh kamu karena kamu malah bisa tidak mendapatkan manfaat dari senam zumba. Jadi, ikutilah panduan dari instruktur dan lakukanlah secara rutin.

 

Related