Manfaat Keju Mozarella yang Wajib Kamu Tahu!


June 11, 2020

Mozarella berasal dari bahasa Italia, yaitu mozzare yang berarti ‘memotong’. Disebut demikian karena keju ini dibuat dengan cara diputar dan dipotong. Berdasarkan bahan pembuatannya, keju mozarella ada dua jenis, yaitu mozarella yang terbuat dari susu sapi yang dipasterurisasi (mozzarella fior di latte) dan susu kerbau (mozzarella di bufala). Keju ini bertekstur lembut dan berkadar air tinggi. Secara umum, mozarella berwarna putih, ada juga yang berwarna kuning terang. Warna keju ini tergantung dari makanan sapi atau kerbau yang diambil susunya untuk dijadikan mozarella. Berbagai merk keju mozarella pun bisa dengan mudah didapatkan di pasaran.

Banyak orang menyukai keju mozarella. Namun, berapa banyak orang yang tahu berbagai jenis keju ini? Ada beberapa jenis mozarella berdasarkan bentuk dan tekstur, di antaranya mozzarella curd keju berbentuk blok, fresh mozzarella berbentuk bola, ovoline berbentuk oval seperti telur, bocconcini berbentuk seukuran gigitan, perline berbentuk bola kecil seperti mutiara. Jenis lainnya adalah mozzarella di bufala, burrata, Stracciatella, string, shedded, scamorza, dan smoked.

Keju lezat yang lumer di mulut ini dalam jumlah konsumsi yang wajar bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Dibandingkan dengan keju lain, mozarella lebih rendang natrium dan kalori. Dalam satu ons mozarella terdapat kandungan niasin, riboflavin, biotin, vitamin B6, dan tiamin. Nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, mata, dan sel darah merah. Berikut ini manfaat keju mozarella untuk tubuh.

keju mozarella

Manfaat Keju Mozarella yang Wajib Kamu Tahu!

Membantu Proses Diet

Keju mozarella adalah makanan rendah karbohidrat yang baik untuk membantu menurunkan berat badan. Dalam satu ons mozarella hanya mengandung 0,79 gram karbohidrat. Selain rendah karbohidrat, mozarella juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat mendukung proses diet. Produk olahan susu ini dapat menurunkan berat badan secara signifikan.

Mozarella memiliki komposisi yang kompleks sehingga membuat keju ini dulit dicerna. Dengan begitu, mozarella dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. Kandungan lemak jenuhnya juga rendah. Namun, diet dengan hanya mengandalkan mozarella tentu bukan keputusan dan solusi yang tepat. Konsumsi mozarella perlu juga dibarengi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat agar mendapat hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan yang ideal.

Meningkatkan Fungsi Otak

Mozarella memiliki kandungan protein yang juga tinggi. Asam amino dalam protein membantu mensintesis neurotransmitter di otak. Hal ini memberikan dampak secara langsung pada fungsi kerja otak, suasan hati, tidur, nafsu makan, dan kesehatan mental secara umum. Kandungan dalam mozarella yang baik bagi otak di antaranya adalah omega 3 dan omega 6, serta vitamin B12.

Menyehatkan Usus

Keju mozarella mengandung bakteri baik yang dapat menyehatkan usus, yaitu Lactobacillus casei dan Lactobacillus fermentum . Bakteri ini bekerja sebagai probiotik yang bisa meningkatkan kesehatan usus, melawan peradangan, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Mozarella juga dapat mengurangi risiko kanker usus besar karena mengandung kalsium yang tinggi.

Memperkuat Tulang dan Gigi

Kalsium bermanfaat utnuk mempertahankan kekuatan tulang dan gigi. Ini juga yang menjadi salah satu manfaat dari keju mozarella. Mengonsumsi mozarella dapat melindungi enamel gigi dan mempertahankan kepadatan tulang.

Meningkatkan Kekuatan Otot

Keju mozarella juga kaya akan protein. Salah satu manfaat dari protein adalah untuk meningkatkan kekuatan otot. Anda akan mendapatkan sumber energi dari mengonsumsi mozarella sehingga aktivitas Anda sehari-hari bisa berjalan dengan lebih bertenaga.

Menyehatkan Kulit

Mozarella juga mengandung vitamin A dan D yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin dapat mengatasi masalah dermatitis. Selain itu, vitamin A dan D berguna sebagai antioksidan.

Untuk melihat rekomendasi pilihan keju mozarella yang terjangkau dan berkualitas, Anda bisa cek di sini.

 

Related