Inilah 7 Manfaat Sawi bagi Kesehatan Tubuh Anda


June 11, 2020

Sering disajikan bersama mie ayam, bakso, atau pelengkap mie instan, sawi memiliki cita rasa yang memberikan kesegaran pada masakan. Tapi biarpun kadang hanya menjadi pelengkap saja, bukan berarti sayur hijau ini tidak kaya akan nutrisi loh. Sawi diperkaya vitamin A, C, dan juga K yang tentunya penting sekali untuk kesehatan tubuh. Sawi juga sayuran yang sarat zat besi, magnesium, kalsium, kalium, seng, mangan, selenium, folat, dan protein untuk kesehatan sel-sel tubuh, juga kaya akan serat yang bagus bagi pencernaan.

sawi

Selain itu, sawi juga memiliki banyak jenis sehingga bisa memberikan Anda alternatif pilihan. Anda bisa cek selengkapnya di sini.

Dengan kayanya nutrisi yang terkandung dalam sawi, sayuran tersebut menjanjikan manfaat apa saja sih bagi kesehatan kita? Lihat yuk!

Inilah 7 Manfaat Sawi bagi Kesehatan Tubuh Anda

1. Sehat bagi jantung

Selain rendah kolesterol, sawi hijau juga kaya akan kalium, folat, vitamin C, dan juga vitamin B6. Kombinasi tersebut memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan jantung. Vitamin B6 dan folat yang terkandung dalam sawi dapat mennghindari penumpukan homocysteine. Homocysteine sendiri merupakan senyawa yang berbahaya bagi pembuluh darah, serta dapat menyebabkan berbagai masalah jantung jika kadarnya berlebihan di dalam tubuh.

 

2. Baik untuk kestabilan tekanan darah

Kalium, kalsium, serta magnesium yang terdapat di dalam sawi mampu menurunkan tekanan darah dengan cara alami. Tekanan darah dapat diturunkan dengan mengonsumsi sekitar  4,700 mg kalium setiap hari, hal ini tentunya bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi sawi secara rutin. Lezat, murah, dan sehat.

 

3. Mengatasi peradangan

Respons kekebalan tubuh terhadap infeksi bisa ditingkatkan adanya selenium yang bekerja dengan cara merangsang pembentukan sel-T dengan cara mengidentifikasi serta membasmi bakteri dan juga virus. Kabar baiknya, selenium tersebut terdapat di dalam sawi. Bukan hanya selenium, kandungan kolin yang terdapat dalam sawi juga dapat men-support sel-sel tubuh untuk menyerap lemak serta mengatasi peradangan kronis.

Baca Juga :  Lihat Kembali Daftar Ponsel, Termasuk HP Xiaomi Resmi Diluncurkan di Indonesia Juli 2017

 

4. Mencegah kanker

Semua jenis sawi kaya akan folat, yang mana folat ini memiliki peran penting dalam memproduksi serta memperbaiki DNA, yang efek baiknya adalah mampu mencegah terbentuknya sel kanker yang disebabkan oleh adanya mutasi DNA. Selain itu, sawi juga kaya akan vitamin C, E, dan juga beta-karoten yang dapat melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

 

5. Memperkuat tulang

Kesehatan tulang sangat ditunjang oleh adanya unsur zat besi, kalsium, fosfor, seng, magnesium, dan vitamin K di dalam tubuh. Zat besi dan seng memiliki fungsi penting dalam produksi kolagen yang sangat baik untuk kesehatan persendian, sementara fosfor dan kalsium penting dalam membangun kekuatan tulang, dan Vitamin K mampu menjaga keseimbangannya unsur  kalsium dalam tulang. Kesemua vitamin dan mineral itu ada lho di dalam sawi.

 

6. Bagus bagi kulit

Sawi kaya akan vitamin C yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit. Vitamin C sendiri dapat memproduksi kolagen yang kita semua tahu bisa membuat kulit kencang dan sehat.

 

7. Melindungi mata

Seperti yang sudah disinggung di atas, bahwa sawi kaya akan beta-karoten, Vitamin K, selenium, dan juga vitamin C yang ternyata juga baik bagi kesehatan mata. Beta-karoten dapat memproteksi saluran koroner mata dengan cara mencegah pembentukan glaukoma dan juga katarak.

Sangat bermanfaat, bukan? Nah, sekarang Anda tinggal mencari resep masakan sawi untuk dapat segera mengonsumsi dan merasakan manfaatnya.

 

 

Related