Dari Pengertian Sampai Jenis Bonsai yang Wajib Kamu Tahu


April 29, 2020

Bonsai Serut

Bonsai merupakan salah satu seni Jepang kuno yang menggunakan metode dan teknik hortikultura untuk menghasilkan pohon kecil dalam wadah yang mengambil bentuk dan tidak mengubah ukuran skala pohon dari waktu ke waktu. Kata ‘bonsai ‘ secara harfiah diterjemahkan menjadi ‘ditanam dalam wadah.’ Praktik-praktik serupa ada dalam budaya lain termasuk tradisi penzai atau penjing Cina, yang disalin dan diadaptasi oleh Jepang. Informasi mengenai bonsai lainnya bisa dicek di https://review.bukalapak.com/hobbies/bonsai-serut-101596.

Bonsai adalah pohon yang ditanam di dalam pot, yang mengalami beberapa disiplin hortikultura dan estetika. Tujuan utama menanam bonsai klasik adalah menghasilkan miniatur yang sehat tetapi representasi alam yang realistis dalam bentuk pohon. Pertanyaannya: mengapa menanam bonsai dianggap seni?

Seni bonsai yang kuat adalah cara untuk menggambarkan sebuah cerita melalui ilusi hidup. Tujuan menanam bonsai adalah memberikan kesempatan kepada penanam untuk mempraktikkan kesabaran, upaya, kreativitas, dan ekspresi pribadi. Bonsai adalah penggabungan bentuk, pemikiran kreatif, dan ekspresi dalam dunia miniatur yang bertahan lama.

Perawatan jangka panjang pohon bonsai adalah inti untuk mengajarkan para praktisi mengenai nilai kerja keras dan merawat hal-hal lain. Pohon bonsai umumnya dianggap menarik karena penampilan fisiknya, yang sangat tergantung pada waktu dan energi yang diinvestasikan oleh tukang kebun. Pohon bonsai kebanyakan adalah pohon normal yang ukurannya dibatasi oleh pertumbuhan akarnya, yang dipangkas dan diatur secara estetika. Akar pohon bonsai tidak tumbuh lebih dari 25 sentimeter dan jarang tumbuh lebih tinggi dari 1 meter. Bahkan, banyak pohon bonsai tumbuh jauh lebih kecil juga.

Bagaimana cara menanam bonsai?

Bonsai

Pertama, kamu perlu memilih tanaman bonsai dan langkah selanjutnya adalah memilih gaya tanaman yang akan ditanam. Melalui pemangkasan yang cermat dan tepat, tanaman bonsai dibentuk dan dimanipulasi untuk memberikan tampilan pohon. Wadah yang kamu pilih harus relatif lebar dan berkaitan dengan tanaman. Ini akan memungkinkan untuk memosisikan akar dengan cara yang ekspresif dan menarik secara visual. Penting untuk meneliti jenis tanah yang ideal untuk tanaman tertentu yang sedang ditanam. Air keran adalah pilihan bagus untuk penyiraman biasa dan air hujan, jika tersedia adalah pilihan yang sempurna. Pohon bonsai dapat dibuahi secara organik, tetapi penguraian bahan organik dapat memakan waktu. Jadi, disarankan untuk mengimunisasi dengan mikroorganisme terlebih dahulu untuk membantu mempercepat seluruh proses.

Baca Juga :  8 Desain Kolam Ikan yang Oke Banget

Jenis-Jenis Pohon Bonsai yang Terkenal di antaranya adalah

(1) Bonsai Juniper, adalah yang paling populer dari semua jenis pohon bonsai yang memberikan penampilan alami dalam miniatur.

(2) Azalea Bonsai, punya posisi khusus di dunia Bonsai dan menambahkan warna dan menghasilkan bunga yang memesona warna pink, merah dan putih.

(3) Bonsai Bambu, sebenarnya bukan pohon tetapi tanaman yang tumbuh di semak kecil, menyerupai bentuk pohon bambu mini.

(4) Jade Bonsai, pohon bonsai ini adalah pilihan yang bagus untuk semua hortikultura pemula, yang dapat menyimpan sejumlah besar air dalam daunnya untuk jangka waktu yang cukup lama.

(5) Ficus Bonsai, adalah tanaman populer yang digunakan untuk bonsai dalam ruangan yang memiliki lebih dari 100 varian dan mampu menolerir cahaya rendah dan kelembaban rumah yang ber-AC.

(6) Bonsai Cypress, tumbuh di tanah basah dan berawa yang ditemukan di sepanjang tepi sungai dan dataran banjir dan dapat hidup hingga bertahun-tahun.

(7) Boxwood Bonsai, dapat dirancang menjadi beberapa gaya dan bentuk alami mereka cukup mudah untuk dipelintir dan dibentuk menjadi patung hidup yang menakjubkan.

(8) Cedar Bonsai, adalah pohon bonsai dramatis yang dikenal dengan struktur uniknya yang membutuhkan keahlian untuk tumbuh dan merawatnya, dan

(9) Bonsai Serut, adalah seni bonsai yang menggunakan pohon Serut atau Streblus Asper, biasanya tumbuh di daerah tropis dan tidak terlalu membutuhkan banyak perawatan sehingga cocok untuk pemula.

Jadi, apakah kamu akan membonsai salah satu jenis di atas?

Related