Asal-Usul, Manfaat, dan Fakta Menarik Soal Kurma


June 10, 2020

Sari Kurma

Kurma, adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga palem, Arecaceae, yang dibudidayakan untuk buahnya yang dapat dimakan dan diolah menjadi sari kurma yang lezat diminum. Manfaat sari kurma juga menjadikannya banyak diburu oleh berbagai kalangan. Selain itu, kurma mungkin merupakan pohon yang paling tua dibudidayakan di dunia. Telah dibudidayakan di Afrika Utara dan Timur Tengah selama setidaknya 5000 tahun. Catatan paling awal dari Mesopotamia, sekarang ada di wilayah Irak, menunjukkan bahwa budaya mengkonsumsi kurma mungkin terbentuk pada 3000 SM.

Asal-Usul, Manfaat, dan Fakta Menarik Soal Kurma

Asal Usul Kurma

Begitu juga di berbagai belahan bumi lain, orang Mesir Kuno menggunakan buah kurma untuk membuat anggur kurma, selain memakannya saat panen. Sementara di Roma Kuno, daun palem kurma digunakan dalam prosesi kemenangan untuk melambangkan kemenangan. Pohon kurma adalah tanaman kebun yang populer di taman gaya Romawi, meskipun tidak akan berbuah di iklim Italia yang lebih dingin. Hal ini dikenali dalam fresko dari Pompeii dan tempat lain di Italia, termasuk pemandangan taman dari House of the Wedding of Alexander.

 

Jika ditarik jauh lagi ke belakang, dapat diasumsikan bahwa alasan untuk menyebutkan pohon kurma dalam agama Yahudi, Kristen, dan Islam terutama disebabkan oleh pengaruh Nabi Ibrahim, yang lahir dan besar di kota tua Ur tempat pohon kurma ditanam. Kecintaan Ibrahim pada kurma dan kurma meninggalkan pengaruh abadi pada agama-agama ini.

 

Sementara itu, jika bergerak lebih ke barat, misionaris Spanyol membawa pohon kurma ke Amerika pada abad ke-18 dan awal abad ke-19. Dan saat ini, pohon kurma ditemukan di banyak daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia; terutama di Kepulauan Canary, Afrika utara, Asia Selatan, Timur Tengah, Pakistan, India, California selatan, Arizona, dan Florida selatan.

Baca Juga :  Resep Ikan Kembung Lezat Untuk Santapan Bersama Keluarga

Bentuk Fisik Kurma

Pohon kurma biasanya mencapai ketinggian sekitar 21–23 meter. Batangnya kuat dengan potongan pangkalnya di tanah sampai ujung pangkal daun tua yang menyirip dengan panjang 4 sampai 6 meter. Kurma adalah buah satu biji, biasanya berukuran dari 3 hingga 7 cm, dan diameternya berukuran 2 sampai 3 cm. Ketika matang, berkisar dari warna merah terang ke kuning cerah, tergantung pada jenis. Lebih dari 1.000 kurma dapat muncul dalam satu tandan yang dihasilkan sebuah pohon, dengan berat 8 kilogram atau lebih.

Manfaat Kurma

Ada 242 kalori dalam 100 gram kurma. Sebagian besar kalori dalam makanan ini berasal dari gula. Bisa dibilang, kurma adalah sumber energi, serat, gula, dan berbagai vitamin dan mineral yang baik. Mineral penting seperti kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium, magnesium, belerang, dan seng dapat ditemukan pada kurma. Selain nutrisi yang disebutkan di atas, mereka juga mengandung vitamin seperti thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, folat, vitamin A, dan vitamin K.

Manfaat kurma termasuk meningkatkan kesehatan tulang, membantu mengatur kolesterol, meningkatkan kesehatan jantung, mengatur tekanan darah, meningkatkan kesehatan otak, manfaat untuk kulit, mencegah peradangan, baik untuk sembelit dan mengobati diare.

Manfaat Sari Kurma

Fakta Menarik Soal Kurma

Kurma identik dengan agama Samawi. Orang-orang Yahudi menganggap kurma sebagai salah satu dari tujuh buah suci. Sementara, dalam Islam dan Kristen, kurma disebutkan lebih dari 50 kali dalam Alkitab dan 20 kali dalam Al-Qur’an. Dalam Alkitab, pohon-pohon palem dirujuk sebagai lambang kemakmuran dan kemenangan. Ada legenda bahwa kurma adalah pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat, dan bahwa kurma adalah buah Hawa yang begitu murah hati dipersembahkan kepada Adam di surga. Temukan info menarik lain soal kurma dengan membuka tautan ini https://review.bukalapak.com/others/sari-kurma-111650.

Baca Juga :  Sop Merah, Menu Andalan Penggugah Selera Makan Anak Anda

Related