7 Wisata Solo Terbaik yang Wajib Kamu Singgahi


June 9, 2020

Berwisata di Jawa Tengah itu tidak melulu soal Yogyakarta atau Candi Borobudur. Solo yang notabene menjadi salah satu kota pilihan untuk merantau karena adanya kampus bergengsi UNS, ternyata juga memiliki destinasi wisata yang pantas untuk dikunjungi. Menawarkan beberapa pilihan wisata sosial-budaya nan kental akan nilai adat, wisata alam yang kekinian, atau pilihan wisata belanja menjadikan wisata Solo sebagai alternatif terbaik bagi kamu yang butuh melepaskan penat dan menjaga kewarasan otak.

Lantas, apa saja sih yang ada di kawasan Solo (dan sekitarnya) yang bisa dikunjungi?

7 Wisata Solo Terbaik yang Wajib Kamu Singgahi

  1. Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat

Enggak Afdhol mengunjungi Solo kalau melewatkan wisata yang satu ini. Kental dengan nuansa adat Jawa Tengah yang masih kokoh dengan budaya kekeratonannya, Keraton yang satu ini memiliki desain yang sedikit berbeda dengan beberapa keraton mainstream yang ada di Jogja.

Menariknya lagi, hingga saat ini Keraton Surakarta ini masih berfungsi sebagai tempat tinggal Raja yang masih menjalankan prinsip hidup kerajaan. Keraton ini didirikan oleh Susuhunan Pakubuwono II pada 1744 dan berlokasi di tepian Sungai Bengawan Solo, tepatnya di Jalan Sidikoro, Baluwati, Pasar Kliwon Surakarta.

Pada sebagian kompleks keraton terdapat museum yang memamerkan benda peninggalan kerajaan, sedangkan pada tengah museum terdapat sebuah sumur semedi yang konon selalu digunakan untuk Raja bertapa. Karena ini Kawasan sakral, mengunjunginya harus memakai pakaian sopan, tidak boleh bercelana pendek, memakai topi, kaca mata hitam, jaket, apalagi sandal jepit, serta dilarang merokok. Satu lagi, Keraton ini tidak bisa dikunjungi di hari Jum’at ya!

  1. Istana Mangkunegaran

Selain Keraton Surakarta Hadiningrat, adalah Istana Mangkunegaran sebagai tempat wisata sarat sejarah yang wajib kamu singgahi ketika berada di Solo. Bangunan kuno yang berada di i Jalan Ronggowarsito Nomor 83 ini telah dibangun sejak 1757 oleh Mangkunegara I dengan gaya Eropa. Saat ini, tempat ini menjadi pusat penampilan seni budaya yang rutin ditampilkan untuk publik setiap hari Rabu. Untuk menyaksikannya, kamu cukup membayar tiket seharga 10 ribu rupiah!

  1. Benteng Vastenburg

Merupakan Kawasan bersejarah hasil peninggalan Belanda yang dibangun pada periode 1774-1779. Bangunan yang didirikan oleh Jenderal Baron van Imhoff ini dahulu menjadi pusat pemerintahan Keraton Surakarta, serta menjadi tempat pesta pora dan penyiksaan rakyat pribumi kala itu. Berlokasi di Jl. Jenderal Soedirman, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, lokasi wisata ini sangat tepat untuk menumbuhkan semangat nasionalisme dan mempelajari sejarah di masa penjajahan kolonial Belanda.

  1. Museum Batik Danar Hadi

Menjadi simbol kota Solo, Berbagai macam Batik Solo dapat dipelajari atau sekedar dinikmati keindahan otentiknya di museum yang berlokasi di Jalan Brigjen Slamet Riyadi Nomor 261 ini. Tidak perlu takut bosan, karena di sini terdapat lebih daro 10.000 koleksi batik dengan motif yang beragam. Museum ini mendapatkan penghargaan MURI hingga saat ini sebagai kolektor batik terbanyak di Indonesia.

  1. Pasar Triwindu

Setelah menikmati wisata edukasi dan sejarah di berbagai museum dan bangunan kuno, memanjakan mata di Pasar Tradisional Triwindu adalah pilihan yang cukup tepat. Pasar yang sudah ada sejak 1939 ini menantang waktu dengan tetap menawarkan nilai eksotisnya dengan berbagai jenis barang unik dan antic yang dijual di sana. Laksana berburu harta karun, kamu dijamin puas menelusuri pasar ini walau hanya sekedar modal foto tanpa berbelanja.

  1. Agrowisata Sondokoro

Nah puas dengan keunikan dan keantikan yang ditawarkan Solo, kamu bisa berpindah sejauh 5 km dari pusat Kota menuju Jalan Mangkunegara untuk menemukan suasana asri alami di kawasan Agrowisata Sondokoro. Tidak hanya pemandangan alam yang indah, di sini juga dilengkapi fasilitas pijat refleksi, terapi ikan, flying fox, dan tentunya kuliner lezat.

  1. Galabo Solo

Sebagai penutup, kurang lengkap rasanya kalau ranah kuliner tidak kamu coba. Oleh sebab itu, tutuplah wisatamu di kota Solo dengan mengunjungi pasar kuliner malam bertajuk Gladak Langen Bogan, alias Galabo, yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo. Buka dari pukul 17.00 hingga 24.00 WIB, kamu akan dimanjakan dengan berbagai kuliner khas Solo yang pastinya akan membekas di ingatanmu!

Itulah 7 tempat wisata di Solo yang benar-benar pantas untuk kamu singgahi, dengan nuansa budaya, sejarah, alam, serta kuliner yang memanjakan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk berlibur!

 

Related